Bantu Transportasi Warga, Pemkot Palu Resmikan Bus Sekolah Gratis untuk Siswa

Editor | Rabu, 05/Janu/2022 17:45 WIB
Pemkot Palu resmikan bus sekolah gratis.

RKNMedia.com - Pemerintah Kota Palu mulai mengoperasikan sembilan unit armada bus sekolah untuk melayani antar-jemput siswa di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu  sebagai upaya membantu warga dari sisi transportasi.

Peresmian tersebut dilakukan di dua tempat berbeda. Wali Kota Palu Hadianto Rasyid di kantor Kelurahan Pantoloan Induk, sementara Wakil Wali Kota dr Reny Lamadjido di ruang pertemuan kantor Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.

Wakil Wali Kota Palu Reny Lamadjido mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas diselenggarakannya peresmian layanan angkutan bus gratis untuk siswa sekolah tersebut.

"Alhamdulillah mulai hari ini, adik-adik ke sekolah sudah dapat menikmati layanan bus gratis. Tidak hanya diantar ke sekolah, tapi juga dijemput lagi," kata Wakil Wali Kota Palu saat peluncuran bus gratis untuk siswa.
 
Setelah diluncurkan, bus sekolah efektif beroperasi mulai Selasa 4 Januari 2022, di mana dalam layanan ini Pemkot Palu telah menetapkan trayek atau jalur perlintasan armada tersebut.
 
Tahap awal, Pemkot Palu memulai layanan transportasi bus sekolah dari warga yang tinggal di hunian tetap (huntap) korban bencana, diantaranya huntap di KelurahanTondo, Kecamatan Mantikulore, huntap di Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, huntap di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, dan Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan.

"Warga di kelurahan lain tetap dilayani, karena sudah ada jalur-jalur perlintasan, baik di pinggiran maupun dalam kota. Artinya kehadiran bus sekolah diharapkan dapat mengurangi beban biaya transportasi," katanya.

Ia menjelaskan, armada transportasi khusus angkutan sekolah beroperasi di jam sekolah selama enam hari berturut-turut di mulai hari Senin sampai Sabtu dengan layanan gratis.
 
Sebagaimana visi dan misi pemerintah setempat, membangun Kota Palu yang mandiri, aman dan nyaman, tangguh serta profesional dalam konteks pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan.

"Pemkot sudah berhitung, dengan hadirnya armada khusus sekolah dapat menghemat pengeluaran kurang lebih Rp1,4 triliun per tahun," katanya.

Lebih lanjut di jelaskannya, dari sembilan armada disiapkan pemerintah setempat, tujuh diantaranya beroperasi, sedangkan dua unit lainnya dicadangkan untuk mengantisipasi hal-hal yang sifatnya urgensi di lapangan.

Selain itu, pembiayaan operasional dan pemeliharaan armada ditanggulangi Pemkot Palu melalui Dinas Perhubungan setempat.

"Diharapkan dengan layanan ini siswa-siswi lebih antusias memanfaatkan transportasi khusus serta lebih bersemangat ke sekolah," demikian Moh Arif Lamakarate.***



TAGS : Bus gratis bus sekolah gratis pemkot palu sulawesi tengah kota palu Wali Kota Palu Hadianto Rasyid

Baca Juga :

Related Post