NU Gelar Muktamar ke-34 di Lampung, Usung Tema Kemandirian

Editor | Selasa, 21/Des/2021 16:02 WIB
Muktamar NU ke-34 di Lampung akan dibuka oleh Presiden Jokowi, Rabu 22 Desember 2021.

RKNMedia.com - Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 rencananya digelar mulai Rabu 22 Desember 2021 hingga Kamis 23 Desember 2021 di Provinsi Lampung. Tema Muktamar NU kali ini yaitu Menuju Satu Abad NU, Membangun Kemandirian Warga untuk Perdamaian Dunia.

Salah satu agenda yang paling dinantikan di Muktamar NU adalah suksesi Ketua Umum PBNU. Belakangan ini, terdapat dua kandidat kuat calon Ketua Umum PBNU yakni petahana Said Aqil Siradj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Ke-34 NU, Imam Aziz, mengatakan muktamar kali ini menjadi sangat penting karena organisasi Islam terbesar di Indonesia ini tengah berada di penghujung usia satu abad. Dimana NU didirikan di Surabaya pada Januari 1926. Sehingga momentum ini dijadikan NU untuk mempersiapkan strategi memasuki abad kedua berdirinya NU. 

Kemandirian warga NU di bidang ekonomi menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian khusus pada usia satu abad NU. 

Selain itu, Imam Aziz juga menjelaskan bahwa tema perdamaian dunia sengaja dipilih karena menjadi kebutuhan dasar manusia. Warga dunia, sangat membutuhkan peran-peran NU di kancah global. Sebab tantangan dunia saat ini juga membutuhkan gagasan Islam moderat dari NU.

Muktamar NU di Lampung akan dipusatkan di beberapa. Di antaranya di Pondok Pesantren Darussa'adah Kabupaten Lampung Tengah yang akan menjadi tempat pembukaan penyelenggaraan Muktamar.

Selain itu, rangkaian kegiatan Muktamar juga akan digelar di kampus UIN Raden Intan Lampung, Universitas Malahayati dan Universitas Lampung.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan membuka penyelenggaraan Muktamar NU ke-34, di Pondok Pesantren Darussadah Lampung. 

Sekitar 5.000 anggota Barisan Ansor Serbaguna atau Banser  menjadi pengamanan pada Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Provinsi Lampung.

Anggota Banser ditempatkan ke sejumlah lokasi kegiatan muktamar, seperti di Kampus Unila, UIN Radin Intan Lampung dan Pondok Pesantren Darussa'adah.***



TAGS : Nahdlatul Ulama Muktamar NU Lampung Banser Yahya Staquf Said Aqil Siradj Presiden Joko Widodo

Baca Juga :

Related Post