FKUB Adalah `Rumah Bangsa` dalam Merawat Keberagaman Umat Beragama

Editor | Jum'at, 17/Des/2021 15:29 WIB
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) diharapkan bisa menjadi `Rumah Bangsa` dalam merawat keberagaman Umat Beragama.

RKNMedia.com - FKUB atau Forum Kerukunan Umat Beragama diharapkan bisa menjadi 'Rumah Bangsa' dalam merawat keberagaman melalui moderasi beragama.

Hal tersebut menjadi topik diskusi FKUB, dalam acara silaturahmi tokoh agama dan dialog kerukunan umat beragama di Batam, Kepulauan Riau. Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny turut hadir dalam diskusi yang diselenggarakan pada Kamis 16 Desember 2021.

Romo Benny menyatakan bahwa ketika dirumuskan dalam peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri, cita cita pendirian FKUB adalah menjaga kerukunan umat beragama yang berkoridor Pancasila, yaitu musyawarah dan mufakat.

FKUB tidak hanya digunakan sebagai penyelesaian sengketa pendirian rumah ibadah, namun dalam keberadaannya FKUB juga diharapkan dapat menjadi rumah bersama dan katalisator para tokoh agama dan masyarakat untuk mencegah konflik horizontal yang muncul dan mengemuka di dalam masyarakat, khususnya terkait dengan keagamaan.

Romo Benny menuturkan fungsi FKUB dengan tokoh-tokoh di dalamnya, diharapkan mampu menjaga kedamaian, keamanan dan Indonesia yang bersatu. Serta selalu dapat menjauhkan diri dari kepentingan politik sesaat, dan menjadi negarawan yang sudah selesai dengan dirinya sendiri.***



TAGS : romo benny staf khusus bpip FKUB moderasi beragama antonius benny susetyo kerukunan antar umat

Baca Juga :

Related Post