Ternyata Ikan Lele Bergizi Tinggi, Mengandung Omega 3 dan Bisa Cegah Penyakit Jantung

Editor | Jum'at, 29/Okt/2021 19:11 WIB
Ikan lele mengandung gizi tinggi dan baik untuk kesehatan.

RKNMedia.com - Ikan lele adalah ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein hewani yang cukup tinggi. Ikan yang dalam bahasa latin disebut Clarias ini juga memiliki kandungan merkuri yang rendah karena umumnya dibudidayakan dengan metode ternak.

Di Indonesia, ikan lele diolah oleh masyarakat menjadi santapan lezat, seperti pecel lele. 

Dalam satu porsi atau sekitar 100 gram ikan lele segar setidaknya terdapat 105 kalori dan berbagai nutrisi antara lain:

18 gram protein
3 gram lemak
50 gram natrium
237 miligram asam lemak omega-3
337 miligram asam lemak omega-6
Ikan lele juga mengandung vitamin B12 dan berbagai mineral, seperti selenium, fosfor, dan kalium.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan lele yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah Anemia
Ikan lele merupakan salah satu sumber makanan kaya vitamin B12 yang penting untuk mencegah anemia. Tak hanya mencegah, ikan lele juga bisa menjadi pilihan menu sehat untuk penderita anemia.

Namun , penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna mengetahui manfaat ikan lele untuk anemia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Tak hanya baik bagi kesehatan otak, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan lele juga baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Selain itu, jenis asam lemak sehat ini juga dapat mengurangi tekanan darah.

Asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, untuk mendapat berbagai manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega-3, termasuk ikan lele.

3. Menjaga Kesehatan Otak
Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan lele baik untuk menjaga kesehatan otak serta dapat mencegah pikun, depresi, dan gangguan kognitif. Meski demikian, manfaat ikan lele untuk menjaga kesehatan otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan Berat Badan
Ikan lele merupakan sumber protein padat nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan. Nutrisi ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih atau mengonsumsi camilan yang bisa menambah berat badan.

5. Kaya Kandungan Lisin
Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.***



TAGS : Ikan lele lele makanan kaya nutrisi omega 3 pecel lele penyakit jantung

Baca Juga :

Related Post