Dua Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma`ruf Amin: PHK Akibat Pandemi Membuat Perekonomian Hampir Rontok

Editor | Kamis, 21/Okt/2021 15:16 WIB
Demo buruh akibat PHK.

RKNMedia.com - Tepat dua tahun berjalannya periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah mengalami lika-liku perjalanan pemerintahan. Setelah setahun lebih dihadapkan oleh pandemi COVID-19, kepemimpinan Jokowi-Amin juga dituntut untuk mengatasi pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis di tahun berikutnya. Salah satu fokus yang saat ini dihadapi yaitu terkait upaya-upaya pemulihan ekonomi setelah mengalami krisis dan dampaknya terhadap ketimpangan yang dicerminkan dalam rasio gini. 

Nuri Resti Chayyani, Peneliti Bidang Ekonomi, The Indonesian Institute (TII), dalam "Indonesian Report 2021" , publikasi tahunan TII, yang berjudul Ketimpangan dan Pemulihan Ekonomi Nasional menanggapi bahwa pemulihan ekonomi yang bersumber dari dana APBN tersebut belum terealisasi sepenuhnya per bulan September 2021.

“Berdasarkan data statistik yang dilaporkan, pada awal pandemi, ketimpangan kita meningkat sebesar 0,008 poin. Kemudian dilakukan pemulihan-pemulihan dengan kebijakan fiskal ekspansif seperti penggunaan anggaran pemulihan ekonomi nasional dan insentif pada UMKM. Langkah-langkah ini bisa menurunkan ketimpangan, namun hanya sebesar 0,001 poin," ujar Nuri.

Terdapat perbedaan kondisi ketimpangan menurut wilayah kota dan desa. Ketimpangan pendapatan di perkotaan setelah adanya pandemi meningkat tajam. Hal tersebut juga efek dari adanya pandemi yang menyebabkan PHK kepada karyawan secara besar-besaran. Masyarakat di kota cenderung mengalami kesulitan mencari alternatif lain untuk mendapatkan uang. Sementara, masyarakat di desa kondisi ketimpangannya tidak tinggi karena masih ditopang oleh sektor pertanian yang ada di desa.

Nuri mengatakan pemerintah perlu mengambil langkah kebijakan yang strategis untuk bangkit dari krisis dan pengentasan kemiskinan. Salah satu kebijakan tersebut  adalah penyelarasan dan penajaman anggaran oleh Kementerian Keuangan dalam rangka penyaluran bantuan yang pasti dari pemerintah pusat ke pemerintahan daerah. Seragamnya informasi dapat membuat penyaluran bantuan baik langsung maupun tidak langsung menjadi lebih optimal dan tepat sasaran.***



TAGS : Jokowi Ma`ruf Amin Kepemimpinan Jokowi-Amin ketimpangan ekonomi pandemi Covid-19

Baca Juga :

Related Post