Makin Meresahkan, Pinjaman Online Kini Incar Kaum Perempuan

Editor | Jum'at, 08/Okt/2021 12:59 WIB
Ilustrasi pinjaman online.

RKNMedia.com - Kasus pinjaman online (pinjol) saat ini meresahkan masyarakat. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kasus pengaduan. Koalisi Perempuan Indonesia akhirnya buka suara lantaran pinjol banyak menyasar para wanita di Tanah Air.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Koalisi Perempuan Indonesia Mike Verawati menilai sebenarnya platform peminjaman online adalah sebuah peluang untuk memberikan kemudahan peminjaman.

Tetapi, pinjol dinilai belum menemukan skema yang tepat guna membantu masyarakat. Bahkan, rata-rata kelompok yang diincar kejahatan pinjol yaitu perempuan.

Peminjam juga seringkali tidak membaca syarat pinjaman yang berujung terhadap permasalahan yang melibatkan perempuan.

Yang awalnya membantu perekonomian, pinjol justru membawa perempuan masuk ke persoalan konsumerisme.

"Kalau kita lihat berbagai pola pinjol itu selalu menawarkan barang-barang rumah tangga atau hadiah tertentu voucher yang sebenarnya itu tidak ada urusannya,” ucapnya, Jumat 8 Oktober 2021.

“Bagaimana penguatan ekonomi perempuan. Ini yang harus dilihat sama OJK dalam hal ini. Terutama menyasar pada pinjol-pinjol ilegal,“ sambung Mike.

Mike menilai masyakarat khususnya kaum hawa harus jauh lebih waspada terhadap informasi atau tahapan yang ditawarkan pinjol. Apalagi harus memberikan data pribadi bahkan nomor handphone keluarga peminjam.

Masih dari penturan Mike, pendekatan pemahaman digital harus dilakukan secara menyeluruh bahkan kepedesaan dan tidak berbasis di kota saja.

Adapun ancaman kekerasan online terhadap perempuan belakangan semakin mengkhawatirkan. Menurut data safenet, kekerasan online kepada perempuan trennya terus meningkat akhir-akhir ini.***



TAGS : pinjaman online pinjol pinjol ilegal keuangan keluarga koalisi perempuan indonesia

Baca Juga :

Related Post