Kunker ke Cilacap, Jokowi Tanam Mangrove dan Lepasliarkan Tukik

Editor | Kamis, 23/Sep/2021 19:21 WIB

RKNMedia.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi sejumlah lokasi dalam kunjungannya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah hari ini, Kamis 23 September 2021. Kunjungan pertama adalah di penanaman mangrove di areal Perhutani Rawa Timur milik KPH Banyumas Barat di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi.

Tak hanya di Cilacap, Jawa Tengah, penanaman mangrove ini juga dilakukan serentak di sembilan provinsi lainnya yang juga turut disaksikan Presiden melalui konferensi video. Sembilan daerah tersebut adalah Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat.

“Rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove ini, dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini di dunia, untuk memitigasi perubahan iklim yang ada,” ujar Presiden usai penanaman.

Penanaman mangrove, imbuh Kepala Negara, juga diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, serta memperbaiki lingkungan pesisir dan habitat di daerah pantai.

Saat menuju tempat penanaman mangrove di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruk Legi, Jokowi sempat terpeleset setelah menyapa warga yang tengah menanam mangrove. Untung saja pengawal Jokowi sigap menahan tubuhnya sehingga tak jatuh.

Selain melakukan penanaman mangrove, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan sejumlah kegiatan lain selama di Cilacap.

Setelah penanaman selesai, rombongan Presiden akan menuju ke SMAN 2 Cilacap Kecamatan Cilacap Utara untuk meninjau pelaksanaan serbuan vaksin untuk siswa siswi SMU/SMA di wilayah Kabupaten Cilacap.

Usai peninjauan di SMA N 2 Cilacap, rombongan Presiden akan menuju Pantai Kemiren Kecamatan Cilacap Selatan untuk melepasliarkan tukik.

Kemudian kegiatan akan dilanjutkan menuju tempat pelelangan ikan (TPI) dan Pemukiman Sentolo Kawat Kecamatan Cilacap Selatan. Dilanjutkan pemantauan kegiatan vaksinasi door to door. ***



TAGS : jokowi mangrove kunjungan kerja presiden joko widodo cilacap terpeleset tukik

Baca Juga :

Related Post