BPIP : Pancasila Baru Sekadar Menjadi Logos

Editor | Rabu, 22/Sep/2021 20:35 WIB
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Benny Susetyo.

RKNMedia.com - Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menyebut nilai-nilai Pancasila belum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. 

Romo Benny, panggilan karib Antonius Benny Susetyo, menyatakan Pancasila masih sebatas bahan perbincangan, belum diinternalisasi dalam nilai kehidupan dan dibuktikan dalam kinerja.

"Pancasila selama ini hanya menjadi logos belum menjadi pathos maupun ethos," ungkap Romo Benny dalam Diskusi Kebangsaan DPR RI, Senin 20 September 2021. 

Menurutnya, Pancasila belum terwujud nyata, khususnya dalam bidang pendidikan, ekonomi dan politik.

"Perlu disadari juga saat ini Indonesia juga tidak memiiliki role model yang sungguh-sungguh mempercayai nilai-nilai Pancasila," paparnya.
 
Oleh sebab itu, Romo Benny meminta media sebagai sarana komunikasi dan pemersatu bangsa, seharusnya bisa bertanggung jawab untuk menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila.

"Selain itu, pejabat negara dan elite politik seharusnya mampu menjaga, menunjukkan, dan membumikan Pancasila sebagai garda terdepan," kata Romo Benny.

Sebab, pejabat negara dan elite politik merupakan wajah negara yang harus mampu menjaga kesadaran literasi dan menjaga keadaban politik sebagai standar berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Romo Benny menyatakan negara dapat masuk dan mengembangkan ekonomi Pancasila yang mengakomodasi kebutuhan industri-industri kecil.***



TAGS : Romo Benny BPIP dialog kebangsaan Pancasila Antonius Benny Susetyo

Baca Juga :

Related Post