Saipul Jamil Bebas Disambut Bak Pahlawan, Pakar Hukum Sayangkan Sikap Penggemar Hingga Muncul Petisi Boikot

Editor | Sabtu, 04/Sep/2021 18:31 WIB
Saipul Jamil saat bebas dari Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Kamis 2 September 2021.

RKNMedia.com - Pedangdut Saipul Jamil telah resmi bebas murni dari lapas Cipinang, Jakarta Timur pada Kamis 2 September 2021. Ia bebas murni setelah mendapat remisi sebanyak 30 bulan dari dua kasus yang menjeratnya yakni penyuapan dan pencabulan.

"Dia sudah dinyatakan sebagai orang yang merdeka, orang yang bebas murni. Tidak ada lagi sangkut pautnya dengan Lapas Kelas 1 Cipinang. Total remisi ada 30 bulan dari hukuman 8 tahun dua perkara," terang Tonny Nainggolan," kata Kalapas Kelas 1 Cipinang, Tonny Nainggolan, Sabtu 4 September 2021.

Kebebasan Saipul Jamil pun sangat meriah. Para penggemar menyambutnya bak pahlawan. Banyak pihak yang menyayangkan aksi para penggemar Saipul Jamil tersebut, termasuk pakar hukum pidana, Abdul Fickar.

Abdul menilai seharusnya tak pantas Saipul disambut meriah, lantaran ia dihukum karena kasus tercela, yaitu kasus pencabulan dan penyuapan.

"Kita heran kenapa masyarakat kita terutama para penggemar si artis itu. Padahal dia dihukum karena melakukan tindak pidana yang perbuatan tercela sebenarnya. Tindak pidana yang merusak seumpamanya masa depan anak-anak dan sebagainya, itu yang saya sayangkan," ujar Abdul Fickar.

Abdul pun heran melihat reaksi para penggemar Saipul yang begitu berlebihan menyambut idolanya yang merupakan narapidana kasus tercela.

"Karena itu saya berkesimpulan, enggak nyambung gitu antara nilai-nilai yang seharusnya dianut oleh masyarakat. Melihat perbuatan jahat seperti itu, dengan kegemaran orang pada seorang artis," kata Abdul.

Bebasnya Saipul Jamil juga membuat netizen bereaksi keras. Terlebih Saipul langsung disambut dengan panggilan talkshow di beberapa acara di televisi.

Di Twitter, sejak, Jumat 3 September 2021 sore, ramai beredar petisi ajakan untuk memboikot Saipul Jamil tampil di televisi maupun Youtube. Petisi itu ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI agar melarang televisi mengundang Saipul Jamil. Kata kunci Boikot Saiful Jamil menjadi trending topik di Twitter.

“Boikot Saipul Jamil mantan narapidana pedofilia, tampil di televisi nasional dan Youtube,” bunyi petisi yang sampai saat ini sudah ditandatangani oleh 150 ribu orang dari target tanda tangan 200 ribu orang.

Penyanyi dangdut Saipul Jamil menghirup udara bebas setelah menjalani hukuman delapan tahun penjara di LP Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur. Perwakilan keluarga, kerabat, dan tim kuasa hukumnya telah menanti sejak pagi di penjara Cipinang.

Saat bebas, Saipul dijemput oleh kekasihnya Indah Sari dengan menggunakan mobil Porsche merah. Ia juga dikalungi karangan bunga. Tidak hanya itu, Saipul juga langsung diundang ke berbagai acara di televisi dan Youtube.

Sebagai Informasi, Saipul Jamil tersandung kasus pencabulan dan ditetapkan sebagai tersangka pada 18 Februari 2016. Ia divonis tiga tahun penjara pada Juli 2017.

Saipul kemudian naik banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, majelis hakim memperberat hukumannya menjadi 5 tahun penjara. Ia juga mengajukan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung. Namun, MA dalam putusannya menolak PK Saipul Jamil dan tetap pada putusan PT DKI Jakarta.

Saipul Jamil juga terjerat kasus suap. Hukuman penjara Saipul Jamil bertambah 3 tahun karena terbukti menyuap panitera Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Rohadi, dengan uang sebesar Rp 50 juta.

Vonis tersebut sebenarnya lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK, yakni 4 tahun penjara ditambah denda Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Oleh karena itu, Saipul Jamil harus menjalani 8 tahun penjara sebagai akumulasi hukuman atas kasus tindak pidana korupsi dan pencabulan yang dilakukannya. ***



TAGS : saipul jamil bebas penyanyi dangdut saipul jamil lp cipinang kasus penyuapan dan pencabulan petisi boikot

Baca Juga :

Related Post