Siap-Siap, Polisi Bakal Terapkan Ganjil Genap di Kawasan Puncak-Bogor Mulai Jumat Besok

Editor | Rabu, 01/Sep/2021 14:39 WIB
Kawasan Puncak dipadati kendaraan saat akhir pekan dan musim liburan.

RKNMedia.com – Kawasan wisata Puncak selama ini tempat liburan favorit warga Jabodetabek terutama di akhir pekan. Tak jarang wisatawan membludak sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar Puncak.

Untuk mencegah kemacetan lalu lintas Puncak, Pemerintah Kota Bogor dan Polres Bogor berencana menerapkan kebijakan ganjil genap di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor mulai Jumat 3 September 2021 mendatang.

Kapolres Bogor AKBP Harun menerangkan kebijakan ganjil genap ini diterapkan guna mengurai kepadatan dan kemacetan lalu lintas khususnya di jalur wisata kawasan Puncak, Bogor selama akhir pekan. Adapun uji coba ini dimulai pada Jumat, Sabtu, dan Minggu besok.

"Nanti melalui kebijakan ini kita akan lihat kekurangan dan kelebihannya selama uji coba ganjil genap," ujar Harun dalam keterangannya.

Harun menyebut, aturan ganjil genap tidak hanya berlaku di kawasan Puncak, tapi juga akan diberlakukan di wilayah sekitarnya yakni Sentul, Babakanmadang. Lantaran daerah Sentul kerap digunakan sebagai jalur alternatif menuju Puncak.

"Sambil kita lakukan uji coba, kita juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di kawasan Puncak," imbuhnya.

Kapolres Bogor menyebut aturan ganjil genap akan berlaku bagi seluruh kendaraan baik yang berasal dari wilayah Bogor dan luar Bogor. Namun dispensasi atau pengecualian diberikan kepada kendaraan darurat seperti ambulans, angkot, mobil damkar hingga kendaraan kesehatan dan logistik lainnya. ***



TAGS : puncak bogor ganjil genap puncak macet polres bogor sentul babakanmadang

Baca Juga :

Related Post