Belum Penuhi Target, Partai Politik Didorong Buka Ruang bagi Keterwakilan Perempuan dalam Legislatif

Editor | Selasa, 31/Agu/2021 19:24 WIB
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Intan Fitriana Fauzi.

RKNMedia.com - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Intan Fitriana Fauzi, mendorong partai politik untuk membuka ruang selebar-lebarnya untuk perempuan agar terlibat dalam pencalonan DPR guna memenuhi  memenuhi target yang ditetapkan yakni 30%. Menurutnya, partai politik berperan besar menjaring calon DPR untuk memenuhi harapan keterwakilan perempuan.

Demikian dikatakan Intan,saat menjadi nara sumber dalam diskusi panel dalam rangka merayakan ulangtahun Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Senin 30/8/2021yang dilakukan secara daring.

Menurut Intan, partai politik sangat diharapkan perannya dalam mendorong perempuan untuk terlibat dalam pencalonan anggota legislatif. Saat ini keterwakilan perempuan di parlemen untuk masa bakti 2019-2024, hanya mampu mengisi 97 kursi atau hanya 22% dari total 30% yang ditetapkan.

“Partai politik perlu membuka ruang selebar lebarnya untuk keterlibatan perempuan dalam pencalonan di pemilu berikutnya, sehingga bisa lebih meningkat dari presentasi keterwakilan saat ini yakni hanya 22%,” ungkap Intan.

Lebih Lanjut Intan mengatakan bahwa keterwakilan perempuan di DPR perlu dan harus terus didorong agar bisa terwujud kesetaraan dan keadilan gender.

“Peningkatan keterwakilan perempuan dalam politik merupakan wujud kesetaraan dan keadilan gender, dan hal ini hanya bisa dicapai kalau partai politik membuka ruang selebar lebar bagi perempuan untuk terlibat dalam pencalonan,” jelas Intan.

Terkait perhatian terhadap peran perempuan di DPR, tertuang dalam UU Nomor 31 tahun 2002 Pasal 13 ayat 3 tentang Partai Politik, yang berbunyi:

"Kesetaraan dan keadilan gender dicapai melalui peningkatan jumlah perempuan secara signifikan dalam kepengurusan partai politik di setiap tingkatan."     

Selain membahas soal keterwakilan perempuan di Senayan, Intan juga menyoroti soal peran partai politik untuk melakukan pembentukan kadersasi dalam partai politik.

Menurutnya, kaderisasi dalam tubuh partai dinilai sangat penting. Hal ini dilakukan agar para kader partai yang berkesempatan memimpin  setiap lembaga negera, betul betul memperjuankan kepentingan warganya  dan memahami persoalan yang dihadapai masyarakat. ***



TAGS : keterwakilan perempuan PAN Intan FItriana Fauzi Formappi UU Parpol anggota legislatif

Baca Juga :

Related Post