Tesla Ketinggalan, Mobil Listrik Ternyata Sudah Ada Sejak 100 Tahun Lalu

Editor | Senin, 30/Agu/2021 20:21 WIB

RKNMedia.com - Model mobil modern pertama yang mengusung mobil tenaga listrik dibuat oleh Karl Benz pada tahun 1885, namun sebenarnya konsep mengenai mobil bertenaga listrik sudah ada puluhan tahun sebelumnya. Di abad ke 18, sudah banyak ilmuwan dan inovator dari Hungaria, Belanda dan Amerika yang mulai berfokus dengan konsep kendaraan bertenaga baterai dan menciptakan beberapa mobil listrik dalam skala yang kecil.

Thomas Alva Edison sebagai salah satu penemu terkenal di tahun 1898 percaya bahwa mobil tenaga listrik kelak akan menjadi sebuah kendaraan di masa depan. Oleh karena itu, beliau mulai menciptakan baterai yang dapat bertahan lama untuk digunakan di mobil komersial. Ia juga bekerjasama dengan Henry Ford untuk mengembangkan mobil listrik dengan harga murah pada tahun 1914.

Namun, mobil yang dinamai model T buatan Henry Ford kurang dilirik oleh pasar. Mobil model T yang dibuat oleh Henry Ford pada saat itu masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama.Pada tahun 1912, harga mobil berbahan bakar bensin dibanderol sebesar 650 dollar sementara mobil tenaga listrik di jual sekitar 1.750 dollar.

Karena harga yang terbilang murah, mobil berbahan bakar bensin semakin diminati masyarakat dan kebetulan di tahun yang sama Charles Kettering memperkenalkan sistem starter listrik pada kendaraan berbahan bakar bensin.

Tahun 1988, General Motors yang dipimpin oleh Roger Smith mulai membangun mobil tenaga listrik. Bekerjasama dengan AeroVironment California, mereka berhasil membuat mobil listrik bernama EV1 yang produksinya baru dimulai pada tahun 1996 hingga 1999.

Melihat perkembangan teknologi mobil tenaga listrik di Benua Eropa, produsen mobil asal Jepang yaitu Toyota memperkenalkan mobil hybrid pertama mereka, Toyota Prius. Mobil yang diproduksi massal tersebut berhasil terjual hingga 18.000 unit kendaraan dan masih digunakan sebagai mobil operasional beberapa perusahaan taxi di beberapa negara hingga saat ini.

Beberapa tahun kemudian, Tesla Motor dibawah kepemimpinan Elon Musk memperkenalkan mobil tenaga listrik dengan anam Tesla Roadster pada pameran International Auto Show pada bulan November di San Fransisco.

Semenjak model mobil sport bertenaga listrik yang diperkenalkan oleh Tesla banyak negara-negara di dunia yang mulai mendukung penggunaan mobil tenaga listrik yang ramah lingkungan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Contoh, negara Israel yang mulai menyediakan tempat pengisian isi ulang listrik untuk mobil bertenaga listrik di jalanan kota Tel Aviv menyusul Amerika Serikat.***



TAGS : mobil listrik elon musk tesla sejarah mobil listrik

Baca Juga :

Related Post