Putra Manggarai NTT Raih Penghargaan Disertasi Terbaik dari Nusantara Institute

Editor | Jum'at, 27/Agu/2021 17:47 WIB
Maksimilianus Jemali, pemenang Nusantara Writing Grant 2021 dari Nusantara Institute.

RKNMedia.com - Dosen Unika St.Paulus Ruteng, Manggarai, Provinsi NTT, Maksimilianus Jemali, mengukir prestasi nasional setelah meraih  penghargaan dari Nusantara Institute.

Maksimilianus menjadi salah satu pemenang dalam kompetisi tingkat nasional "Nusantara Writing Grant 2021" untuk kategori penulisan proposal disertasi.

Nusantara Writing Grant (NWG) itu sendiri adalah ajang kompetisi  nasional penulisan tesis magister/ disertasi doktoral yang membahas berbagai topik sesuai dengan visi, misi dan Platform Nusantara Institute yang berkaitan dengan aneka ragam aspek budaya, agama, tradisi dan kerajaan lokal di seluruh indonesia

Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan doktoral di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ini mengungkapkan rasa senang dan penghargaannya kepada Nusantara Institute yang sudah memilih disertasinya menjadi salah satu pemenang terbaik dalam ajang kompetisi ini.

“Dari hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya terutama kepada Prof. Sumanto Al Qurtuby dan segenap penggawa Nusantara Institute yang berkenan menjadikan proposal disertasi saya sebagai salah satu pemenang dalam ajang ini. Saya merasa bangga dan senang bisa mengharumkan nama Unika Santo Paulus Ruteng, Manggarai, dan ICRS, Universtitas Gadjah Mada dalam ajang Kompetisi menulis di tingkat nasional,” ungkapnya kepada RKNmedia, Kamis 26 Agustus 2021.

Menurutnya ada kebanggaan dan kepercayaan diri yang tinggi ketika sebuah karya ilmiah yang mengupas nilai luhur yang terkandung dalam suatu budaya Manggarai dinilai menjadi perekat keberagamana Nusantara.

Maksimilianus Jemali berterima kasih pada sang istri yang telah mendorongnya untuk mengirim disertasi berjudul; "Hambor sebagai Narasi Kecil dalam Mengelola Konflik dan Situasi Damai di Manggarai, Flores, NTT" untuk ikut kompetisi.

“Sejak awal saya tidak terlalu antusias, sebab pesertanya terdiri dari berbagai kampus terbaik dan ternama di Indonesia. Istri saya malah yang lebih banyak berperan mendorong saya untuk mengirim tulisan ini. Kaget juga ketika beberapa hari yang lalu dikabarkan menjadi salah satu pemenang,” ucapnya.

Penyelenggara Nusantara Writing Grante (NWG), Nusantara Institute, merupakan lembaga semi otonom yang didirikan oleh Yayasan Nusantara Kita yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

Dalam penyelenggaran kompetisi NWG ini, Nusantara Institute bekerja sama dengan Wahid Institute menyeleksi proposal terbaik yang mengangkat tema kebudayaan nusantara.

Berikut nama-nama grantee NWG 2021 yang berhasil menjadi pemenang.

1.Siti Khoirnafiya (Departemen Antropologi, Universitas Indonesia). Judul disertasi: "Watu Item Wis Kumambang: Artikulasi dan Pemposisian dalam Kebangkitan Kepercayaan Adat-Tradisi di Jawa".

2. Maksimilianus Jemali (ICRS, Universitas Gadjah Mada).

Judul disertasi: "Hambor sebagai Narasi Kecil dalam Mengelola Konflik dan Situasi Damai di Manggarai, Flores, NTT".

3. Safrin Salam (Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin).

Judul disertasi: "Pengakuan dan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Hukum Adat dalam Pengelolaan dan Penguasaan Hutan Adat Menurut Aliran Ekofeminisme di Sulawesi Tenggara".

4. Puji Sulani (Departemen Sejarah, Universitas Indonesia).

Judul disertasi: "Konstruksi Identitas Agama Budha Wong Jawa di Banyumas, 1965-1998".

5. Mahattama Banteng Sukarno (Sosiologi Agama, Universitas Kristen Satya Wacana).

Judul tesis: "Makna Fenomena Kesurupan dalam Interaksinya dengan Simbol-Simbol Lain pada Pagelaran Kesenian Kuda Lumping di Salatiga”. ***



TAGS : Maksimilianus Jemali Nusantara Writing Grant nusantara institute manggarai ntt ruteng hambor

Baca Juga :

Related Post