Penyidik Dalami Motif Muhammad Kece Bikin Konten Penodaan Agama

Editor | Rabu, 25/Agu/2021 15:58 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers.

RKNMedia.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono menegaskan penyidik Polri terus mendalami motif Muhammad Kece membuat konten penodaan agama yang dibuatnya.

Dalam konferensi pers di Mabes Polri, Rabu 25 Agustus 2021, ia mengatakan Muhammad Kece tengah dalam perjalanan ke Bareskrim Polri usai ditangkap pada Selasa, 24 Agustus 2021 malam di wilayah Badung, Bali.

"Motifnya apa yang bersangkutan membuat satu konten video yang diposting di YouTube ini nanti akan didalami oleh penyidik. Nanti pasti akan kita ketahui bersama," kata Rusdi Hartono.

"Sekarang yang bersangkutan dalam proses akan dibawa ke Bareskrim Polri untuk ditindaklanjuti. Mungkin sore ini akan tiba," jelasnya.

Selain itu, Rusdi mengungkap tim penyidik juga akan mendalami keterlibatan pihak lain dalam proses pembuatan konten YouTube oleh Muhammad Kece.

"Nanti juga akan didalami, penyidik akan tahu semua apakah dia melakukan sendiri atau ada pihak-pihak yang membantu, nanti akan didalami," terang Rusdi.

Rusdi kemudian menjelaskan, polisi menangkap Muhammad Kece lantaran tidak adanya upaya klarifikasi dari terlapor untuk menjelaskan maksud dan tujuan konten penistaan agama yang dibuatnya. Penyidik kemudian memprofiling keberadaanya dan menangkap Muhammad Kece di tempat persembunyiannya, di Badung, Bali.

Polri juga meminta masyarakat untuk tidak membagikan ulang (share) video-video dari kanal YouTube Muhammad Kece yang berbau kontroversial dan dinilai menodai ajaran agama.

Lantaran video Muhammad Kece yang diduga menghina agama Islam berpotensi memecah-belah kelompok. sehingga warga yang memposting atau membagikan ulang video Muhammad Kece itu bisa saja dijerat UU ITE.

Polri bekerjasama dengan Kemenkominfo melakukan take down terhadap video Muhammad Kece yang dinilai tidak pantas. Namun, mungkin saja video-video juga ditemukan di akun warga yang membagikan ulang. ***



TAGS : muhammad kece youtuber penodaan agama bareskrim polri tersangka penistaan agama bali brigjen rusdi hartono

Baca Juga :

Related Post