Bareskrim Polri Mulai Lakukan Penyidikan Kasus Penodaan Agama Muhammad Kece

Editor | Selasa, 24/Agu/2021 17:44 WIB
Polisi mulai lakukan penyidikan atas kasus penodaan agama youtuber Muhammad Kece (Foto: tangkapan layar youtube)

RKNMedia.com – Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri menaikkan status perkara dugaan penistaan agama YouTuber Muhammad Kece ke tahap penyidikan. Polri mengatakan penyidik telah mengantongi cukup bukti.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan Ramadhan menyebut polisi telah memeriksa pelapor Muhammad Kece. Sejumlah saksi ahli juga dimintai keterangan, mulai saksi ahli bahasa Indonesia hingga saksi ahli hukum agama.

"Penyidik telah menemukan bukti awal yang cukup, sehingga penyidik meningkatkan kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan," ungkap Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa 24 Agustus 2021.

"(Beberapa barang bukti seperti) mengamankan screenshot ataupun video yang beredar tersebut," sambung Ramadhan.

Kendati telah memeriksa saksi-saksi, Ramadhan menyatakan polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus penodaan agama ini. Saat ini, Muhammad Kece asih berstatus terlapor.

Sebelumnya, YouTuber Muhammad Kece dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penodaan gama. Bareskrim mengumpulkan bukti untuk mencari unsur tindak pidana dalam kasus tersebut.

Muhammad Kece dinilai telah menistakan agama Islam. Salah satu yang ia selewengkan adalah ucapan salam. Muhammad Kece mengubah kata 'Allah' menjadi 'Yesus'.

"Assalamualaikum warrahmatuyesus wabarakatuh," ucap Muhammad Kece di dalam video yang diunggahnya di channel YouTube.

Bukan hanya dalam ucapan salam, Muhammad Kece juga mengubah beberapa kalimat dalam ajaran Islam yang menyebut nama Nabi Muhammad SAW.

Hal itu diucapkan Muhammad Kece layaknya seorang muslim sedang menyampaikan khotbah. Namun beberapa kalimatnya dipelintir.

"Alhamduyesus hirabbilalamin, segala puji dinaikkan kehadiran Tuhan Yesus, Bapa di surga yang layak dipuji dan disembah," tutur Muhammad Kece sebelum memulai pidatonya.***



TAGS : penodaan agama penistaan agama bareskrim polri muhammad kece tahap penyidikan kombes ahmad ramadhan

Baca Juga :

Related Post