Gunakan Pesawat TNI AU, Pemerintah Berhasil Evakuasi WNI dari Afghanistan

Editor | Jum'at, 20/Agu/2021 20:19 WIB
Menlu RI Retno Marsudi mengumumkan Pemerintah Indonesia telah mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan, melalui akun Twitternya.

RKNMedia.com - Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan. Evakuasi dilakukan hari ini menggunakan pesawat TNI AU. Pernyataan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui akun Twitternya, Jumat 20 Agustus 2021. Dalam postingannya Retno Marsudi mengungkapkan rasa syukur terkait proses evakuasi WNI dengan menggunakan pesawat TNI AU.

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” tulis Retno Marsudi dalam unggahannya.

Total WNI yang dievakuasi, menurut Retno, sebanyak 26 orang, termasuk staff KBRI di Kabul. Selain mengevakuasi WNI, Pesawat TNI AU juga mengangkut warga negara Filipina sebanyak lima (5) orang, dan dua (2) orang warga negara Afghanistan yang merupakan suami dari warga Negara Indonesia.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI)” lanjut Retno.

Seperti diketahui setelah Taliban berhasil menguasai penuh negeri itu, pada Minggu 15 Agustus 2021, situasi keamanan di ibu kota Kabul semakin mencekam. Banyak warga negara itu berbondong mendatangi bandara untuk terbang keluar dari kota tersebut. Bayangan akan kekejaman rezim Taliban menjadi alasan mereka ingin segera meninggalkan negara tersebut.

Beberapa negera yang menjalin kerja sama denga Afghanistan seperti Italia, Republik Ceko, dan Amerika serikat sudah memulangkan semua warga negaranya. Proses evakuasi pun dilakukan dengan cara mendatangkan pesawat khusus dari negeri asalnya.

Pemerintah Indonesia sendiri pun sejak beberapa hari yang lalu sudah berjanji untuk mengevakuasi segera semua WNI di KBRI. Selain itu pemerintahan juga berjanji memastikan keselamatan dan keamanan mereka sebelum proses evakuasi dilakukan.***

 



TAGS : menlu ri retno marsudi evakuasi wni kbri kabul afghanistan pesawat tni au

Baca Juga :

Related Post