Penderita Autoimun Disarankan Vaksinasi Menggunakan Moderna dan Pfizer

Editor | Kamis, 19/Agu/2021 15:03 WIB
Penderita autoimun disarankan menggunakan vaksin berbasis mRNA seperti Moderna dan Pfizer.

RKNMedia.com - Pemerintah merekomendasikan para penderita penyakit autoimun agar tetap mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun, penderita autoimun disarankan menggunakan vaksin berbasis mRNA seperti Moderna dan Pfizer.

Sebagai informasi, vaksin Moderna dan Pfizer telah menjadi merek vaksin Covid-19 yang digunakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk program vaksinasi nasional di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyebut para penderita autoimun sejatinya bisa menerima vaksin jenis apapun. Syaratnya, saat pemberian vaksin kondisinya terkontrol baik dan dibuktikan dengan surat rekomendasi dokter.

"Tetapi ada yang memang tidak bisa, hanya dianjurkan diberikan vaksin yang platform mRNA," ujar Nadia saat dikonfirmasi, Kamis 19 Agustus 2021. 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta resmi membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk penderita autoimun dengan vaksin Moderna. Pemeritahuan ini disampaikan melalui unggahan akun instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta @dinkesdki.

Dalam postingannya, vaksinasi bagi penderita autoimun di fasilitas kesehatan DKI Jakarta hanya untuk mereka yang membawa KTP asli DKI Jakarta, atau surat domisili resmi yang dikeluarkan RT setempat.***



TAGS : Vaksinasi Covid-19 vaksinasi autoimun kemenkes Moderna Pfizer

Baca Juga :

Related Post