PPKM Jangan Membingungkan Rakyat

Editor | Senin, 26/Jul/2021 15:49 WIB
Edi Sukmoro ajak masyarakat dukung pemerintah atasi Covid-19.

RKNMedia.com - Setelah dilaksanakan PPKM Darurat yang berakhir 20 Juli 2021, pemerintah lalu memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) lima hari lagi hingga 25 Juli dengan mengubah sebutan menjadi PPKM level 4. Ada 4 tingkatan dalam istilah PPKM sekarang ini, dengan yang paling ketat nampaknya yang level 4 yg saat ini di terapkan di Jawa - Bali.

Mantan Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro angkat bicara soal pelaksanaan PPKM ini. Menurut Edi, sebenarnya salah satu makna PPKM adalah membatasi kegiatan masyarakat. Namun apakah ini berhubungan dengan tingkatan penyebaran kasus Covid-19?  Menurutnya, pasti ada meski tidak selalu selaras. 

Pelaksanaan PPKM berlevel sebenarnya bertujuan baik dan diharapkan tidak lagi membingungkan masyarakat. Namun pemberlakuan "penyekatan/pembatasan mobilisasi" ini justru nampaknya memunculkan dampak lebih serius terhadap ekonomi rakyat kecil yang hidupnya membutuhkan pendapatan harian. 

Pemerintah memang sudah menyiapkan dukungan bantuan sosial guna membantu masyarakat, hanya informasi yang dirasakan bantuan itu datangnya agak terlambat. Jangan sampai realisasinya baru terlaksana setelah PPKM Darurat diperpanjang.

Edi menjelaskan, kebijakan PPKM sudah benar tapi usulan dan penekanan pada pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat, seharusnya tidak difokuskan ke penyekatan/pembatasan mobilisasi. Tetapi fokus pada munculnya "kerumunan dan pertemuan-pertemuan", sehingga dampaknya tidak langsung terhadap kegiatan ekonomi. 

"Mobilitas masyarakat ada baiknya tetap dibuka, apalagi di seputar Jakarta yg sudah dianggap merupakan area aglomerasi. Sehingga hanya perkumpulan-perkumpulan, pertemuan-pertemuan, dan pesta yang menyebabkan kerumunan diusulkan diawasi ketat sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera dikendalikan, " tegas Edi.  

Izin berkumpul, jumlah orang yg masuk ke toko, mall, dan pasar sepatutnya ditentukan pemerintah. Dan ini sudah mendapat perhatian besar melalui aturan. Namun keuletan dan ketegasan dari petugas sungguh diharapkan betul, bahkan seharusnya dijaga ketat 24 jam. 

Membandingkan kondisi Indonesia dengan negara lain yang jumlah kasus Covid-19 memprihatikan, menurut Edi,  bukan berarti penanganan Covid-19 di Indonesia bisa semaunya saja. 

Intinya, lanjut Edi,  Indonesia harus bisa menanggulangi Covid-19 secepatnya secara bersama-sama. Untuk itu, Edi Sukmoro mengajak seluruh masyarakat dan mendukung pemerintah mengatasi pandemi ini. 

"Mari kita  dukung upaya pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19, mulai dari kita sendiri. Salam sehat." 



TAGS : Edi Sukmoro PPKM PPKM Darurat Covid-19

Baca Juga :

Related Post