Jangan Dicuci! Ini Tip Menyimpan Daging Kurban dari DJ Chef Indonesia

Editor | Rabu, 21/Jul/2021 13:13 WIB
Pembagian daging kurban.

RKNMedia.com - Selepas Idul Adha, umat Muslim biasanya mendapat jatah daging kurban berupa daging sapi maupun kambing/domba. Stok daging itu biasanya disimpan di kulkas supaya tetap segar. 

Namun sebelum disimpan di kulkas, ada baiknya Anda membaca tips menyimpan daging dari Chef Wisnu Untoro, DJ CHEF INDONESIA, berikut ini. 

1. Jangan Dicuci Terlebih Dahulu
Sebaiknya jangan mencuci daging yang didapat sebelum menyimpannya. Proses pencucian bisa membuat aroma prengus semakin tajam. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak.

2. Potong-potong Sesuai Takaran Konsumsi Keluarga 250grm ,500 gram,1KG 
Sebelum disimpan, sebaiknya potong-potong daging sesuai ukuran konsumsi keluarga dalam sehari. Bagaimanapun, mencairkan daging beku yang berukuran lebih kecil tentu lebih mudah daripada bongkahan daging yang besar. Selain itu, daging yang lebih kecil juga memakan lebih sedikit tempat di lemari es.

3. Masukkan ke dalam wadah kedap udara
Sebelum disimpan di lemari es, masukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah atau kantung plastik yang digunakan berbahan food grade, karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging hingga berbulan-bulan. Jangan sampai wadah yang digunakan membahayakan kesehatan.

4. Bekukan di Suhu -5 - -20 Derajat Celcius
Agar daging lebih tahan lama, simpan di chiller dengan suhu -20 derajat Celcius.
"Tujuan utama membekukan daging adalah untuk menidurkannya atau memberhentikan proses. Dalam keadaan beku, bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi. Hal ini akan membuat daging secara alami dan tetap segar," ungkap Chef Wisnu. 

5. Jika Hendak Dicairkan, Pindah ke Bagian Lemari Es yang Suhunya Lebih Rendah
Kalau Anda ingin mengolah daging yang sudah dibekukan, jangan dicairkan di suhu ruangan. Daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri. Sebaiknya pindahkan daging ke luar freezer. Letakkan di shelf atau rak yang suhunya lebih rendah agar daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

Jika Anda mengikuti tips tersebut, daging kurban yang disimpang di freezer akan tetap segar dan tidak mengurangi rasa pada daging. Selamat mencoba. ***



TAGS : Menyimpan daging daging kurban chef wisnu dj chef indonesia

Baca Juga :

Related Post