Daftar Maskapai Penerbangan yang Bebaskan Biaya Rapid Test Antigen

Editor | Minggu, 07/Mar/2021 15:40 WIB
Calon penumpang saat melakukan validasi hasil rapid test sebelum chek in di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, beberapa waktu lalu. Penumpang yang ingin keluar masuk Jakarta wajib untuk melakukan rapid test antigen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Jakarta, rknmedia.com - Sederet maskapai penerbangan Tanah Air membebaskan biaya Rapid Test Antigen yang jadi salah satu syarat bepergian dalam negeri. Namun untuk menikmati layanan gratis ini, ada syarat yang perlu dipatuhi.

Maskapai penerbangan mana saja yang menyediakan layanan gratis Rapid Test Antigen dan apa saja ketentuan yang berlaku? Simak selengkapnya seperti rangkuman di bawah ini.

Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan ini menyediakan layanan gratis Rapid Test Antigen untuk setiap pembelian tiket penerbangan domestik di Maret 2021. Dilansir dari laman resmi Garuda Indonesia, Minggu (7/2/2021), simak mekanisme hingga syaratnya berikut ini.

Mekanisme Voucher:

  1. Penumpang membeli tiket Garuda Indonesia rute domestik melalui kantor penjualan di Indonesia, website, mobile app, contact center, agen perjalanan offline dan online (hanya berlaku di Indonesia)
  2. Anda akan otomatis mendapatkan pemberitahuan melalui email yang dicantumkan dalam kode booking (Passenger Name Reservation).
  3. Penumpang mengakses link pada email untuk mendapatkan voucher gratis Rapid Test Antigen di link TravelDocs tersebut dengan mengisi data pribadi yaitu: Kode booking (Passenger Name Reservation) dan kata terakhir dari nama Anda. Kemudian, Anda dapat memilih klinik penyedia layanan Rapid Test Antigen.
  4. Penumpang yang tidak mendapatkan notifikasi email maka penumpang dapat datang langsung ke salah satu klinik pintar dengan membawa tiket & data diri penumpang yang akan divalidasi pada system aplikasi Traveldocs oleh petugas klinik.
  5. Penumpang melakukan Rapid Test Antigen di Klinik pilihannya.
  6. Klinik memberikan hasil Rapid Test Antigen kepada penumpang dengan mengupdatedi System TravelDocs. Hasil Rapid Test Antigen secara otomatis terhubung pada aplikasi eHAC berdasarkan NIK Penumpang.
  7. Penumpang menuju bandara untuk melakukan penerbangan.

Syarat dan Ketentuan Voucher:

  1. Voucher Gratis Rapid Test Antigen hanya berlaku untuk 1 penumpang per tiket.
  2. Periode pembelian dan penerbangan: 2-31 Maret 2021 (menyesuaikan dengan ketentuan penerbangan domestik dari Gugus Tugas Covid Nasional).
  3. Berlaku untuk seluruh rute penerbangan domestik (termasuk pembelian grup):
    • Agen Perjalanan di area Indonesia baik agen IATA maupun GOS
    • Online Travel Agent dengan penempatan di area Indonesia (Tidak berlaku untuk pembelian di beberapa agen perjalanan online)
    • Kantor Penjualan dan Gerai Garuda Indonesia
    • Corporate online sales
    • Contact center, website dan Mobile Apps Garuda Indonesia.
  4. Tidak berlaku untuk tiket infant, tiket ID, tiket agentdiscount, tiket redemption miles.
  5. Kode Booking tidak dapat digabung dengan segmentasi tiket redemption miles.Contoh : Jakarta - Denpasar dengan X class dan Denpasar - Jakarta dengan Y class dibuat dalam kode booking (Passenger Name Reservation) terpisah.
  6. Hanya berlaku untuktiket yang baru di-issued & tidak berlaku untuk tiket re-issued.
  7. Tidak berlaku untuk rute domestik yang menjadi rute penghubung/transit di tiket rute international contoh: Surabaya menuju Singapure via Jakarta, Jakarta menuju Sydney melalui Denpasar
  8. Ketentuan refund, reissued dan reschedule dari tiket pesawat berlaku sebagaimana aturan yang berlaku di Garuda Indonesia sesuai sub-class tiket masing-masing



TAGS : Maskapai Penerbangan Bebas Biaya Rapid Test Antigen Garuda Indonesia

Baca Juga :

Related Post