TERKINI

NU Gelar Muktamar ke-34 di Lampung, Usung Tema Kemandirian

Salah satu agenda yang paling dinantikan di Muktamar NU adalah suksesi Ketua Umum PBNU. Belakangan ini, terdapat dua kandidat kuat calon Ketua Umum PBNU yakni petahana Said Aqil Siradj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Ketua MPR: Konstitusi Tidak Boleh Anti Terhadap Perubahan

Menurut Ketua MPR, konstitusi terikat oleh realitas zaman maka agar `hidup` dan `bekerja`, konstitusi tidak boleh `anti` terhadap perubahan. Perubahan zaman adalah sebuah keniscayaan yang tidak akan mungkin dihindarkan.

TPDI: Keterpilihan Wakil Bupati Ende di DPRD Cacat Yuridis

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus menyatakan adanya cacat yuridis dalam keterpilihan Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

BPIP Ajak Masyarakat Lakukan Habituasi Pancasila

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny, mengajak warga Indonesia yang berada di negara Rumania, untuk melakukan habituasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kehadiran PPHN Perkuat Sistem Presidensil

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan substansi Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) hanya mengatur hal-hal yang bersifat filosofis dan turunan pertama dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Penguatan Sistem Hukum Nasional Harus Menjadi Pilar Pembangunan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan seiring proses pematangan kehidupan demokrasi, penegakan hukum yang berkeadilan tidak hanya diperlakukan sebagai sebuah prosedur yang harus ditaati. Melainkan juga harus memenuhi tujuan hukum itu sendiri, yaitu memberikan rasa keadilan, nilai kemanfaatan, dan kepastian hukum. Sehingga hukum yang seharusnya mengayomi dan memberikan rasa aman, tidak justru berpotensi melukai rasa keadilan masyarakat.

Kongres Kebangsaan MPR: Membangun Peradaban Bangsa Harus Berlandaskan Pancasila

Pancasila harus dijadikan tolok ukur paradigmatik untuk mengembangkan dan menguji sistem pembangunan dan ketahanan nasional Indonesia. Pancasila sebagai gatra ideologi tidak ditempatkan sejajar dengan gatra politik, ekonomi, sosial-budaya, hukum, pertahanan, dan keamanan. Tetapi, berdiri di atas gatra-gatra lainnya.

BPIP: Keberadaan Kampung Muslimin di Aceh Barat Memperkuat Ideologi Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memuji langkah Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yang berkomitmen menguatkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, dengan pembentukan kampung muslimin di Kabupaten Aceh Barat.

Urgensi PPHN Vs Hoax Amandemen

PPHN sejatinya menetapkan cita-cita, target  dan program-program pembangunan negara-bangsa untuk jangka waktu puluhan tahun ke depan. Cita-cita, target dan program-program pembangunan negara-bangsa itu harus lahir dari kesepakatan semua elemen bangsa. Karena itu, rumusan PPHN harus bisa menyerap aspirasi semua elemen masyarakat di seantero nusantara, tanpa terkecuali.

Merawat Indonesia Dengan Moderasi Dan Toleransi

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari berbagai suku, ras, pulau, adat istiadat, bahasa, warna kulit dan agama. Ia adalah bangsa yang sangat majemuk dan memiliki kompleksitas dinamikanya. Dari sisi jumlah pendudukan ia termasuk negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Sementara dari sisi geografi ia adalah salah satu negara maritim besar dunia. Sejak awal berdiri, dengan semangat kolektivisme para pendiri bangsa dan negara menyepakati bahwa dasar negara kita adalah Pancasila.