TERKINI

Refleksi Akhir Tahun Kedaulatan Maritim Indonesia: Impian atau Kenyataan?

Menjelang akhir tahun 2021 banyak peristiwa yang mewarnai perjalanan kemaritiman Indonesia. Selama hampir dua tahun sektor maritim tidak luput menjadi korban keganasan Pandemi COVID 19. Ada beberapa hal yang perlu dievaluasi di sektor kemaritiman. Apalagi semenjak dicanangkannya visi poros maritim dunia oleh Presiden Joko Widodo.

Catatan Akhir Tahun Ketua MPR RI: Profesionalisme Birokrasi Memperkuat Daya Tawar Indonesia di Percaturan Ekonomi Global

Percepatan perubahan zaman yang mengemuka sepanjang tahun 2021 ini tak hanya menghadirkan prospek, tetapi semakin memperjelas proses penguatan daya tawar Indonesia dalam percaturan ekonomi global.

Ketua MPR Dukung Percepatan Penggunaan Kendaraan Elektrik Masyarakat

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku manufaktur dan prinsipal motor listrik buatan anak bangsa, GESITS, selain menguasai pasar domestik juga mampu menembus pasar internasional.

Wakil Rakyat Dorong Pemerintah Percepat Reformasi Agraria

Secara umum beberapa persoalan yang mengemuka dalam reforma agraria mengerucut pada tiga aspek. Antara lain, ketimpangan penguasaan tanah negara, timbulnya konflik agraria yang dipicu tumpang tindihnya kebijakan distribusi lahan pada masa lalu dan timbulnya krisis sosial serta ekologi di pedesaan.

Pengamat Maritim: Ada Kampanye Hitam Sudutkan TNI AL dalam Menjaga Kedaulatan Negara

Tindakan yang dilaksanakan aparat TNI AL menangkapi kapal-kapal yang berlabuh secara ilegal di perairan Indonesia dekat Singapura, sudah sesuai aturan yang berlaku sehingga patut didukung.

Garuda Indonesia Secara Teknis Sudah Bangkrut!

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap kondisi terkini maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia. Kartika menyebut Garuda Indonesia secara teknis bangkrut.Kartika menyebut menurunnya kinerja Garuda Indonesia karena dua hal, yakni pandemi COVID-19 dan korupsi. Pandemi COVID-19, terang Kartika, bagai perfect storm buat Garuda Indonesia.

Mahfud MD: Tidak Boleh Ada Lagi Negosiasi Saat Tagih Utang Obligor BLBI

Mahfud mengatakan, pintu negosiasi para obligor telah tertutup. Obligor BLBI diminta menjelaskan langsung kepada Satgas BLBI jika merasa memiliki bukti pelunasan utang sehingga pemerintah akan tegas menindak tegas pengembalian aset negara terkait BLBI.

Peneliti Indonesian Institute: Implementasi Program Guru Penggerak Perlu Ditingkatkan

Masih buruknya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor dominannya yakni kualitas guru. Program Guru Penggerak (PGP) merupakan salah satu kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) sejak tahun 2020. Hingga akhir tahun 2021 ini, sudah ada sekitar 24.400 guru yang tergabung dalam PGP.

Diekspor ke Afrika, Apa Saja Keunggulan Sepeda Motor Listrik GESITS?

Produsen motor listrik GESITS membeberkan sejumlah keunggulan yang dimiliki sepeda motor listrik GESITS, salah satunya masa garansi baterai yang mencapai tiga tahun.

Peran Dunia Pendidikan Pelayaran Dalam Menghadapi Era Marine Autonomous Surface Ships, Sudah Siapkah Indonesia?

Teknologi industri maritim terus berkembang, salah satunya adalah teknologi Marine Autonomous Surface Ships (MASS) atau teknologi kapal laut tanpa awak.  Apakah MASS cocok untuk di Indonesia? Bagaimana sistem keamanannya? Bagaimana nasib para pelaut nanti dengan kehadiran MASS ini?